Sunah Memakai Pakaian

Pekerjaan lain yang akan dilakukan berulangkali oleh kebanyakan manusia dalam sehari semalamnya adalah memakai dan melepaskan pakaian. Baik ketika mau bekerja, mau tidur, atau untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Dalam
hal ini ada beberapa sunah, yaitu :
1. Membaca basmalah. Baik ketika memakai atau melepaskan pakaian. Telah berkata Imam Nawawi : ” Mengucapkan basmalah sangat dianjurkan dalam setiap pekerjaan. “
2. Ketika Rasulullah Saw. memakai baju gamis, selendang, atau memakai serban beliau biasa membaca : ” Allahumma inni as-aluka min kharihi wa khairi ma huwa lahu, wa ‘audzubika min syarrihi wa syarri ma huwa lahu.
” Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia ciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia ciptakan karenanya,”
(HR Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ahmad). Hadis ini disahihkan oleh Ibnu Hibbah dan Al-Hakim dan beliau berkata, hadis ini dengan sarat sahih Imam Muslim dan disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi.
3. Memulai dengan tangan kanan ketika memakai baju. Rasulullah Saw. bersabda : ” Apabila kalian memakai pakaian, maka mulailah dengan anggota tubuhmu yang kanan,” (HR At-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).
4. Memulai dengan anggota tubuh yang kiri kemudian yang kanan ketika membuka pakaian dan celana.

sumber : 1000 sunah Rasulullah sehari semalam. –  Khalid Al-Khusainan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: